Manajemen Pergudangan : 01 Pengantar

Jika mendengar kata gudang, apa yang terlintas di benak kalian? Tempat menyimpan barang? Tempat yang disiapkan sebagai cadangan ruang agar ruangan utama terlihat rapi? Atau bahkan tempat penuh debu?

Secara awam banyak yang mengira bahwa gudang hanya sebagai tempat menyimpan suatu barang. Sehingga tidak dibutuhkan pendalaman yang menyeluruh mengenai cara atau system penanganan gudang. Ilmu pergudangan atau sering disebut manajemen pergudangan adalah salah satu disiplin ilmu yang menarik dan mempunyai peran tersendiri dalam berlangsungnya kegiatan perusahaan, baik perusahaan dengan persediaan yang banyak ataupun tidak.

Secara harfiah gudang dapat didefinisikan sebagai fasilitas khusus yang bersifat tetap, yang dirancang untuk membantu mencapai target tingkat pelayanan yang baik dengan total biaya yang paling rendah. Sesuai dengan kalimat tadi bias kita lihat bahwa goal dari adanya gudang adalah mencapai tingkat pelayanan yang di inginkan. Apa yang dimaksud dengan tingkat pelayanan? Tingkat pelayanan atau yang sering disebut dengan service level adalah sebuah nilai yang mencerminkan seberapa baik sebuah gudang untuk dapat menyediakan barang yang pada awalnya berupa persediaan menjadi yang diperlukan untuk proses bisnis perusahaan.

Sebagai contoh, pada minggu pertama bulan April 2016 departemen produksi PT. Kacang Kopi memiliki 10 dokumen permintaan pengeluaran dari gudang yang harus dilayani pada minggu yang sama yaitu minggu pertama bulan April 2016. Di akhir minggu gudang PT. Kacang Kopi mampu melayani 8 dari 10 permintaan barang tersebut. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa service level gudang PT. Kacang Kopi pada minggu pertama bulan April 2016 adalah 80%. Dengan perhitungan jumlah permintaan pengeluaran yang terlayani  / jumlah permintaan yang ada.

Beberapa pelengkap definisi gudang dapat dilihat pada uraian berikut.

Gudang dibutuhkan di dalam proses koordinasi penyaluran barang, yang muncul sebagai akibat kurang seimbangnya jumlah penawaran dan permintaan.

Kurang seimbangnya antara jumlah penawaran dan permintaan akan mendorong munculnya inventory (persediaan), persediaan yang timbul tersebut tentunya membutuhkan ruang sebagai tempat penyimpanan sementara yang disebut sebagai gudang.

Setelah kita tahu definisi dari Gudang dapat kita ketahui bahwa Gudang mempunyai peranan penting dalam proses bisnis perusahaan. Di bawah ini adalah beberapa alasan penguat akan pentingnya Gudang.

  • Sebagai buffer stock antara supply demand
  • Untuk mendukung stock terhadap panjangnya waktu produksi.
  • Untuk mendukung stock antara operasi produksi (WIP)
  • Safety Stock untuk melindungi segala gangguan pada proses pemenuhan supply barang.
  • Sebagai pelindung permintaan musiman yang fluktuatif
  • Sebagai bagian dari strategi pengamanan selama rehat proses produksi
  • Pengurangan biaya transportasi dan produksi
  • Untuk memenuhi kebutuhan proses produksi.

Kira-kira seperti itu lah gambaran mengenai manajemen pergudangan. Banyak yang bisa di explore lagi disini ketimbang hanya sebatas tempat penyimpanan. Segala hal tentang manajemen pergudangan akan saya share lagi sekaligus me refresh ilmu juga untuk saya pribadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s