Kemarin, Setahun Yang Lalu

Sebenarnya lebih bagus tulisan ini dibuat di 18 Juli 2014. Iya, kemarin. Keinginan untuk menuliskan ini muncul tiba-tiba kala siang terik di negeri Padang Lawas dinasti Tapanuli Selatan tanggal 19 Juli 2014. Kemarin, tepatnya 18 Juli 2014 genap sudah satu tahun saya menyelesaikan studi S1 dengan “raja terakhir” berupa sidang skripsi / tugas akhir. Ucapan standar yang seringkali terucap di mana pun itu tidak luput untuk datang, “Cepet amat ya, baru kemaren kayaknya sidang.” Klise.

Saya mencoba untuk move on dari ucapan itu dan berjalan lebih dalam pada makna setahun berlalu nya aktivitas studi saya. Perjalanan berujung pada sebuah pertanyaan, “Sudah buat apa untuk Indonesia?”

Disini saya menghirup udara pertama kali nya hingga detik ini saya menulis.

Disini saya belajar bergerak hingga dapat berkelana seperti sekarang.

Disini pula saya jatuh cinta pertama kali nya hingga tidak ada yang mampu mengganti.

Sudah sepantasnya untuk memberi pada Indonesia. Lebih jauh dari itu, sudah kodratnya berjuang untuk Indonesia.

Saya pribadi merasa masih sangat sedikit sumbangsih saya pada Indonesia, terlebih yang bersifatkan aksi.

Bukannya tidak mampu, karena saya tahu saya mampu.

Bukannya tidak suka, karena saya tahu saya cinta negeri ini.

Saya hanya masih dalam proses menemukan apa hal yang terbaik, yang menjadi jati diri saya, yang menjadikan saya manusia paling bahagia di muka bumi ini ketika melakukannya. Karena dengan hal itu saya bisa berbuat untuk Indonesia dengan nyata.

Di dalam proses-proses menemukan nya saya berjanji akan terus menjaga asa hingga bisa berbuat untuk Indonesia menjadi semakin baik.

 

Tertanda,

Seseorang yang ST-nya berulang tahun.

Leave a Reply

